Tips & Strategi Memasak Ayam Goreng & Ayam Bakar

Dalam menu kita sehari-hari atau terutama saat perjamuan, ayam umumnya dibuat jadi ayam goreng atau Ayam bakar. dua-duanya memang sungguh menjadi favorit sejak dahulu. Pembuatannya meski mudah. Moga dengan memperhatikan beberapa trik dan strategi berikut kalian mampu meyakinkan hidangan olahan ayam yang lebih penting.

Tips dan Trik Membuat Ayam Goreng dan Ayam Bakar

Basuh ayam secara air jeruk lemon atau sitrus nipis, paling utama jika mempergunakan ayam ruang. Air jeruk bakal membantu mencabut bau amis.

Ayam goreng dan Ayam bakar dinilai enak jika bumbunya bisa meresap mencapai berbatas ke di ayam. Untuk menghasilkan Ayam seperti itu, ungkep ayam taksiran lama. Manfaatkan api imut saat merendang ayam di dalam bumbu agar ayam tidak keburu remaja sementara bumbunya belum meresap. Bagus pun kalau sebelum direbus pula biar, ayam sudah direndam injeksi max 30 menit.

Ayam yang tidak diungkep sebelum digoreng/dibakar, harus direndam dulu di dalam bumbu. Tusuk-tusuk ayam / kerat-kerat supaya bumbu meresap kedalam Ayam. Kalau target enak, rendam ayam semalaman di dalam bumbu dan memeram didalam kulkas. Penusukan alias pengeratan Ayam juga menciptakan si Ayam lebih segera matang.

Ayam goreng yang enak merupakan ayam goreng yang luruh dibagian luar, tetapi bersimbah di dalam. Untuk mendapatkan Ayam goreng serupa itu, gorenglah Ayam di kebakaran besar. Sepanjang digoreng, tutup wajan. Ayam yang digoreng diatas kebakaran kecil bakal menjadi muluk karena perlu waktu lelet untuk mengeringkannya.

Untuk mendapatkan ayam membakar yang enak, sebaiknya bakar ayam lebih dari bara api, bukan didalam oven. Kipasi arang sedemikian rupa supaya api bukan terlalu gede, tetapi juga tidak terlalu kecil agar ayam bukan terlalu rusuh. Hati-hati ya kalau mendakwa arang menggunakan minyak zona. Jauhkan Ayam dari bara agar Ayam tidak bau resepi ayam minyak tanah.

Baik Ayam goreng / ayam bakar lebih enak dimakan hangat-hangat. Karena itu goreng dan bakarlah Ayam pas mau disajikan.



Mulai dari sekarang tanpa buang kuah rebusan/ungkepan Ayam ya!. Kuah sisa rebusan ayam mampu digunakan dalam merebus tempe/tahu dan telur. Hasilnya hendak lebih nikmat dan nyaman.