Cara Menjaga Komputer Yang Bagus

Cara Merawat Komputer Yang Baik sudah menjadi pikulan setiap para pengguna utk selalu menjaga komputer merka dengan baik agar komputer saku tidak buruk dan hang. apalagi dengan berbagai perlengkapan komputer mutakhir, seperti komputer jinjing, ipad, tabled dan bermacam-macam macam perangkat canggih yang sangat hiper- diminti masyarakat didunia.

Dalam kesempatan Kali ini kami dengan berbagi trik komputer lawan anda hal cara menjaga komputer beserta baik dan benar dan tentunya lebi awet bebas gangguan beberpa penyakit yang bisa selalu menyerangnya. Komputer saku tidak boleh hanya dikenakan dan dimanfaatkan oleh kalian begitu saja, komputer kabin pun harus dilakukan perawatan pada komponen-komponennya untuk menjaga komputer supaya dapat stabil bisa bekerja dan siap terus diterapkan oleh saya.



1. Tutup/close program yang tidak perlukan

Di setiap program yang diload ataupun dijalankan mencita-citakan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin menggunung memory yang tersita. Masalah ini selain dapat menyebabkan komputer kau berjalan lena (lelet) juga beban tingkah laku komputer kau menjadi kian berat yang akhirnya bakal dapat memperpendek umur bagian pada komputer pangku anda.

2. Ventilasi yang cukup



Maksudnya adalah tempatkan monitor ataupun CPU kau sedemikian sikap sehingga tingkap udara dr tembok di monitor alias CPU semua lebar & udara yang masuk sempurna lancar. Tingkap yg redup baik hendak menyebabkan gawat berlebihan oleh karena itu komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan sebagai cepat demam sehingga bisa memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itu usahakan jarak renggangan monitor/CPU secara dinding/tembok minimal 30 centimeter. Jika kudu pasang kipas angin dalam ruangan.

3. Install program antivirus dan updatelah dengan berkala

Bagi dapat mengenali virus-virus mutakhir pada komputer kabin anda sewajarnya update program antivirus engkau secara periodik. Virus yang terlanjur menyebar di komputer saku anda sanggup membuat dikau menginstall ulang komputer kamu. Hal ini selain memerlukan biaya pun akan menyulut harddisk anda akan kian cepat buruk dibanding jikalau tidak kadang kala diinstall ulang.

4. Uninstall atau lepaskan program yang tidak anda gunakan

Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk engkau sehingga muatan kerja komputer kabin anda hendak lebih ukuran sehingga harddisk juga mau cepat tua.

5. Pakailah UPS/Stabilizer.

Gunakanlah UPS dalam mengantisipasi listrik mati/padam secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan di komponen komputer anda paling utama pada harddisk. Jika kau tidak ada UPS, gunakanlah Stabilizer untuk menguji dan memantapkan naik turunnya tegangan listrik.

6. Defrag harddisk kamu secara konstan.

Fungsi defrag adalah untuk menata serta mengurutkan file-file harddisk bertolak pada jenis file/data sedemikian rupa agar memperingan proses read/write pada komputer saku anda jadi beban kerja komputer engkau juga dengan lebih mudah yang hasilnya dapat memperpanjang umur harddisk.

Caranya kumpulan menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi itu tidak mampu ada program lain yang berjalan termasuk screensaver yang aktif saat komputer anda karena akan mengacaukan faedah defrag tersebut.

7. Aktifkan screensaver di komputer kamu.

Selain berwatak estetis, screensaver mempunyai faedah lain yang penting. Layar CRT pun televisi mempergunakan fosfor utk menampilkan pelan. Jika monitor menampilkan ilustrasi yang sama untuk beberapa tatkala maka tersedia fosfor yang menyala terus menerus. Hal yang ada dapat menyebabkan monitor engkau bermasalah adalah gambar sebagai redup/kurang tentu. Lain halnya jika layar anda didefinisikan sebagai LCD, LED yg telah dilengkapi menggunakan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi. Cara mengaktifkan screensaver sanggup dilakukan secara banyak cara, salah satunya klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian pilih serasi merawat komputer selera.